Jumat, 07 Mei 2010

Bolu Kukus Tanpa Soda

Aslinya ga begitu maniak sm kue ini tp, krn penasaran krn bikin kue ini bnyk gagalnya, hmm cb ahh Bolu Kukus yg sehat pake susu n tanpa air soda. Alhamdulillah...ternyata praktek pertama suksyess...semua bolunya mekarr...bikinnya pdhl smbl 'dibantu' si kcl...hehehe tp hslnya mekar semua...resepnya ambil dr: adek.bayi.multiply.com

  
















Bahan :
2 btr telur
1 sdt emulsifier
250 gr gula pasir halus
½ sdt essence(tiwi pk vanilli bubuk seujung sdt/dikit bgt)
300 gr terigu segitiga
3 sdm susu bubuk full cream / 3 sdm santan kental(tiwi pk 3 sdm susu bubuk dancow)
220 ml air / susu cair (saya sih selalu pake susu cair, biar rasanya gak murahan banget gitu lo)(tiwi pk 240ml susu cair strawberry, hmmm kuenya jd wangi bgt)
75 gr meises
Cara membuat :
  • Panaskan dandang kukusan sampe mendidih dengan api besar.
  • Ayak bahan kering jadi satu, sisihkan
  • Kocok telur, gula pasir hingga berbusa, lalu masukkan emulsifier, kocok hingga putih dan kental
  • Masukkan bahan kering dan bahan cairan bergantian, sambil dikocok dengan kecepatan sedang, lakukan dalam 3 tahap, setelah rata, langsung matikan mixer, jangan dikocok lagi terlalu lama yah.
  • Lalu langsung masukkan ke dalam cupcake yg sudah dialasi cetakan bolu kukus
  • Kukus dalam dandang yang sudah dipanaskan selama 15 menit.
  • Kalau sudah matang dan ngakak, angkat deh, dinginkan.
  • Kalo mao tetap lembut dan gak kering, bungkus satu persatu bolu kukus dengan plastik untuk kue.
  • Dijamin sampe besoknya juga masih lembut dan nelen nya gak seret deh :-) Photonya menyusul uploadnya...